Tadi pagi gue bangun jam 5.15. Waktu bangun paling pagi yang pernah gue alamin, hahahaha. Maksudnya, bangun yang bener-bener bangun. Biasanya juga kan gue bangun jam setengah enaman, subuh (bari jeung subrang, hehe), udah gitu tidur lagi. Bahkan kuliah jam 7 aja gue ga pernah bangun jam 5. Hahahaha, busuk :p

Hal ini terjadi karena emang pagi tadi bokap udah heboh karena harus dateng di Bojong, rumah kakek gue, jam setengah 7 teng. Jadilah semuanya udah pada rapi pake batik dan kebaya pas jam 6. Sungguh prestasi luar biasa. Bahkan Ilyasa dan Aisya bisa bangun jam segitu dan ga terlalu rewel.

Tanya dong ada apa?

Hehe. Jadi pagi tadi tuh, keluarga besar dari bokap gue heboh karena Mang Tedi, paman gue yang tentu saja adiknya bokap, mau nikah. Merasa heran kenapa seorang paman gue baru nikah? Itu karena bokap gue anak pertama dari 13 bersaudara dan Mang Tedi itu anak ke-12. Jadi jarak umurnya jauh banget. Bahkan kakak gue aja lebih tua dibanding paman gue itu (kalau ga salah sih, ya).

Gue lupa jam berapa berangkat dari Bojongnya, yang pasti ngaret. Tapi, akhirnya kita semua berangkat dikawal satu motor polisi di depan. Udah berasa penting, hehe. Rumahnya jauh, di Kopo. Jalur yang, kata kakak gue, bikin semprotan parfum Mang Tedi di rumahnya pas mau ngapel sia-sia karena keburu nguap di jalan. Wkwkwkwk :p

Nyampe, turun dari mobil, dan hak-nya selop gue patah. Hebat. Akhirnya, biar ga timpang, hak selop satunya lagi dicopot juga. Berhubung selop gue cuma selop sederhana warna item (percaya deh, SEDERHANA banget, ga ada ornamen apa-apa, cuma tali item doang satu strip), jadilah selop gue ga lebih dari selop datar emak-emak. Bahkan mungkin emak-emak aja lebih stylish.

Oke, gue terlalu banyak blabbing. Langsung ke inti dari yang pengen gue ceritain di postingan ini. Jadi…

Tadi gue nyaksiin akad nikah yang buat gue ketiga kalinya, gue liat secara live di depan gue. Ketika ada ceramah tentang pernikahan, sebelum akad, sodara-sodara seumuran gue asyik ngutak-ngatik hape, gue yang ada malah dengerin si wejangan itu, bahkan menghayati. Tapi emang oke sih tadi ceramahnya. Terus pas akadnya, asli gue rada deg-degan. Ini yang nikah siapa, yang deg-degan siapa?? Hehe. Tapi gue anggep itu wajar, karena, ya ampun, yang namanya akad itu sangatlah sakral, teman-teman! :p

Mang Tedi kemudian ngucapin kabul setelah ijab dengan satu kali kalimat tegas, yang bikin akad nikahnya sah. Dan gue terharu, sodara sebangsa dan setanah air. Gue membayangkan, suatu saat nanti ketika gue nikah (amin ya Allah :)), pagi-pagi buta, calon suami gue itu udah disiap-siapin baju untuk akadnya. Sodara-sodaranya sibuk nyiapin mahar dan cincin. Mobil-mobil siap dan melaju beriringan ke rumah gue atau ke mesjid tempat akad akan dilangsungkan. Tadi aja Mang Tedi diiring 12 mobil. Kata kakak gue, waktu nikahannya itu, dia diiring 22 mobil. Bayangkan, dan mereka punya satu tujuan: sang pengantin perempuan, yang dalam khayalan, adalah gue sendiri.

Terus pas lagi ceramah nikah gitu, selain dengerin, gue juga liat pengantinnya. Gue berpikir, gimana kalau misalnya yang pake kebaya putih, kerudung putih, mahkota melati, yang pastinya lagi deg-degan walaupun pengantin perempuan agak ‘gaji buta’ karena dia ga harus ngapa-ngapain pas akad selain duduk-duduk kesemutan, itu gue? Dan, GIMANA kalau misalnya laki-laki yang di sebelah gue itu adalah…. tatituttatitut! Aah, gue pengen nyebut nama lengkapnya yang bagus, tapi masa iyaaa??

Oke, sebut saja dia Darwin. Entah kenapa gue terpikir nama itu. Yang jelas Darwin adalah DIA yang gue bayangkan di postingan ‘Begitu Indah’ 😀

Bayangkan, Hawa… Darwin yang ada di sebelah lo ketika akad nikah. Darwin yang ganteng yang pake setelan putih-putih. Darwin yang, kalau dia beneran jadi pengantin cowonya udah pasti, deg-degan nunggu ijab dan nenangin diri biar kabulnya ga diulang. Darwin yang terlihat cemberut dengan hidung bengkok menarik yang terlihat dari samping, sambil ada sodara yang nyeletuk, “kasep oge nya calonna Teh Hawa..”

Huahahahaahahaahahaha… KHAYALAAAAN!!  xD

Pret!

Balon khayalan gue langsung pecah. Pengantin di depan mata gue bukan gue dan Darwin, tapi Mang Tedi dan istrinya. Back to reality, Hawa. Bangun! Bangun!

Setelah gue pikir-pikir ya, kayanya gue married-oriented. Wekwkwkwkwk. Gue suka liat pernikahan dan tidak terhitung lagi berapa kali gue membayangkan yang pegel senyum dan salaman di pelaminan itu gue dan suami gue. Bahkan, sejak SMP, ketika gue suka seorang Khrisna Hariwibowo (hahaha, nyebut merk!), gue suka bikin nama gue menjadi Hawa Firdausi Hariwibowo. Gue malah berpikir, gimana ya reaksi keluarga gue kalau gue nikah dengan seorang Jawa? Pas SMA, gue terobsesi sama guru gue (masih ga berani nyebut merk, hehe) dan selalu mengaitkan dia dengan kehidupan pernikahan khayalan gue. Gue bahkan udah punya nama buat anak-anak gue dan dia: Faradila dan Ghilman. Ada alesannya gue nyebut Faradila duluan, karena gue membayangkan kalau si Faradila itu lahir duluan, menjadi kakak perempuan bagi Ghilman.

Sama kecengan aja gue bayangin gitu, apalagi sama pacar. So, Windra pun ikut jadi korban khayalan pernikahan gue. Kalau sama pacar sih kayanya wajar-wajar aja kali ya mikirin nikah-nikah gitu. Bahkan sama si Om, temen gue yang temennya Windra waktu SMA, mewanti-wanti harus bisa mengambil hati ibunya biar hubungannya lancar, karena biasanya orang Palembang (kata si Om nih ya), agak-agak mother-complex, terlalu nurut dengan ibunya, gitu.

Aah, percaya deh. Gue terlalu sering mikirin pernikahan. Setelah putus, gue seperti elektron bebas yang selalu nyari pasangannya. Mungkin gue terlihat diem, tapi pikiran gue berkelana seperti kutu loncat. Sekarang, Darwin..

Oh iya, khusus kasus Darwin, entah kenapa ya, dari pertama gue suka dia (jaman TPB), langsung muncul sense of married-orientednya gue. Dan, percayalah teman, gue dengan bodoh-stupid-naifnya langsung ngerasa pengen jadi istrinya dia. HOW STUPID!!

Itulah ketika gue masih punya blog di friendster, gue cerita kalau gue mulai melancarkan serangan Calon Istri Idaman Mertua. Emang namanya sengaja dangdut, biar gue semangat. EH SEBENTAR! Bukan artinya gue suka dangdut ya. Ini cuma nama lucu-lucuan aja gitu, biar guenya selalu inget. Bahkan gue bikin folder khusus dengan nama itu yang isinya (rencananya) resep-resep masakan, fashion guide, dan tips-tips ala majalah wanita umur 25-an. Tapi, sekarang sih foldernya udah usang. Ga pernah gue urus lagi, hehe.

Tapi intinya gini sih, dari nama folder dan isinya aja udah keliatan kan kalau gue menyiapkan diri untuk menjadi seorang calon istri. That’s it. Menyiapkan diri. Kenapa Allah ga ngasih seseorang, oke katakanlah pacar, buat gue saat ini? Gue mikirnya, oh mungkin Allah emang ngasih waktu untuk gue bersiap diri untuk laki-laki terbaik yang telah Allah siapkan untuk gue. Siapa dimana kapan kan gue ga tau.

Gue selalu inget dengan petuah (ayat Al-Quran juga kalau ga salah) yang bilang–gue agak lupa juga gimana yang bener, tapi intinya sih–

perempuan baik-baik itu hanya untuk laki-laki yang baik, dan juga perempuan yang tidak baik hanya untuk laki-laki yang tidak baik.

Kalau dibahas di majelis-majellis agama gitu mungkin bakal dibahas kalau wanita sholehah hanya untuk pria sholeh, dan sebagainya. Kalau gue berpikir simpelnya aja. Sekarang gue tau fakta kalau Darwin (oh my God, hampir saja gue mengetik nama aslinya, haha :D) itu ganteng, tinggi, pinter, dan mandiri. Sekarang, gue ngaca, seperti sih gue? Apa gue cukup worthed untuk menjadi pasangannya? Bukan masalah oh-Darwin-putih-makanya-gue-harus-rajin-luluran-bengkoang atau oh-Darwin-tinggi-makanya-gue-harus-minum-HiLo-dua-kardus-sehari. Oke, itu emang salah satu poin sih, hehe. Tapi maksudnya, gue lebih ngeliat inner gue. Apa gue udah cukup mandiri dan dewasa dalam ngejalanin hidup gue? Apa gue udah bijaksana untuk memanfaatkan jatah gue sebagai mahasiswi mikrobiologi ITB, sedang dia juga gue rasa udah cukup bijaksana dalam ngejalanin perannya sebagai mahasiswa *tuuut* di kampus yang sama.

Itulah yang gue pikirin sekarang. Itulah yang bikin gue selalu menyimpan semangat dalam diri setiap kali ngeliat fesbuknya dia. Ngeliat fesbuknya dia adalah charger buat semangat gue. Untuk menyadarkan diri gue bahwa gue sedang dalam proses menyiapkan diri dan proses untuk membuat diri gue menjadi lebih baik dan lebih baik. Sehingga gue capable, bukan untuk Darwin aja, tapi juga untuk calon suami gue yang entah dimana dan kapan kita bisa ketemu.

Oooooooooooooooohhhhhhhh……  Kambuh deh melankolis gue. Hehehe 🙂